Selasa, 04 Agustus 2015

Pulau Selayar yang Penuh Pesona serta Budaya

Pulau Selayar yang Penuh Pesona serta Budaya
Pelabuhan Benteng, kota paling utama di Pulau Selayar yang menarik dikunjungi.
Foto : ©Alem Febri Sonni
Pulau Selayar

Tempat Pulau Selayar

Peta Lokasi

Himpunan. informasi - Sulawesi memanglah mempunyai kekayaan laut yg tidak sedikit. Bukan sekedar hasil laut yang berlimpah, pulau ini dapat mempunyai panorama laut serta bawah laut yang indah. Sebut saja Taman Laut Bunaken, dibagian utara Pulau Sulawesi, yang telah di kenal dunia lantaran keindahan bawah lautnya. Pesona lain yang bisa Anda kunjungi saat ada di Sulawesi yaitu Pulau Selayar. Terkecuali panorama laut yang indah, kebudayan orang-orang setempat juga jadi daya tariknya.

Di Mana Pulau Selayar?

Pulau Selayar adalah pulau kecil yang ada di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Kabupaten ini adalah kabupaten kepulauan dengan 95 % daerahnya adalah perairan. Bekasnya, 5 % terbagi dalam 123 pulau dengan 62 pulau yang telah ditempati. Ibu kota Kabupaten Selayar yaitu Kota Benteng.

Perjalanan menuju Pulau Selayar mengonsumsi saat seputar 10 jam dari kota Makasar. Diawali dari kota Makasar, Anda mesti lakukan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Bira lebih kurang sepanjang 6 jam. Selama perjalanan, Anda bisa lihat bagaimanakah garam di buat lantaran di daerah ini banyak petani garam yang memproses air laut jadi garam. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry sepanjang 4-5 jam menuju Pelabuhan Pamatata.


Wisata Budaya

Di Pulau Selayar ada banyak benda bersejarah yang unik. Umpamanya, jangkar raksasa yang ada di Pantai Padang. Jangkar ini adalah jangkar kapal besar asal Cina punya saudagar kaya bernama Gowa Liong Hui yang pernah berkunjung ke pulau ini. Benda bersejarah yang lain yaitu Nekara yang datang dari zaman perunggu. Nekara di pulau ini berupa seperti gong dengan gambar bintang, gajah, pohon kelapa, bintang, ikan, katak, burung merak serta bangau di sekitarnya.

Anda dapat juga lihat bagaimanakah kebudayaan serta kehidupan orang-orang setempat yang unik. Ada di Pantai Padang, ada perkampungan nelayan hingga Anda bisa lihat beragam kesibukan nelayan dari mulai persiapan melaut, beragam perlengkapan untuk menangkap ikan hingga bagaimanakah memproses ikan hasil melaut.

Yang unik yang lain yaitu perkampungan Toa Bitombang yang disebut kampung tertua di pulau ini. Kekhasan dari perkampungan ini yaitu rumah-rumah beratap bambu dengan penopang kayu yang tinggi dibawahnya hingga rumah ada diatas permukaan tanah dengan jarak yang cukup tinggi. Topografi desa yang berbukit membuat kekhasan lain dari penopang ruamh. Umpamanya, rumah yang ada pada dataran yg tidak rata, jadi di buat tiang penopang dengan tinggi 2-3 mtr. di bagian depan serta tiang penopang dengan tinggi 13-15 mtr. di bagian belakang jadikan rumah ini tampak unik. Tiang-tiang rumah memakai kayu bitti atau holasa yang mempunyai kwalitas yang baik. Inilah argumen kenapa rumah-rumah di perkampungan ini terus kokoh walaupun sudah berumur beberapa ratus th..

Kekhasan lain dari desa ini yaitu penduduknya yang beberapa besar telah berumur lanjut, dengan umur di atas 90 th. namun masih tetap bisa bekerja atau beraktivitas produktif seperti beternak serta berkebun. Situasi desa sangatlah merasa dari kesibukan masyarakat, rumah-rumah, perkebunan atau hewan-hewan ternak punya masyarakat.


Wisata Alam

Bila mau berkunjung ke pantai, Pulau Selayar mempunyai pantai-pantai dengan pasir putih yang sangatlah halus. Anda bisa berkunjung ke Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, Pantai Lansangireng, Pantai Taloiya, Pantai Pabadilang, Pantai Rampang-Rampangan, atau Pantai Labuang Nipaiya. Sebagian pantai mempunyai barisan karang pinggir (fringing reef) sejauh beberapa ratus mtr. yang disebut kekhasan pantai di Pulau Selayar. Tepian karang baru bisa tampak jika laut tengah surut.


Taman Nasional Takabonerate

Bukan sekedar keindahan pantai, Pulau Selayar juga siap menghidangkan pemandangan bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Pada bawah laut dari Takabonerate ini mempunyai karang atol dengan luas 220. 000 hektar serta adalah karang atol paling besar di Asia Tenggara serta paling besar ketiga didunia. Biota bawah laut cantik yang bisa Anda jumpai yaitu beragam macam ikan, siput laut, penyu, karang berwarna-warni serta biota laut yang lain. Panorama dari karang serta biota bawah laut di Takabonerate bakal bikin mengagumi akan beberapa pengunjungnya. Tak heran bila Pulau Selayar jadi salah satu maksud wisata untuk menyelam (diving) atau snorkling.

Keindahan pantai, laut, bangunan, kebudayaan, kesibukan orang-orang serta beragam kekhasan alam serta orang-orang adalah pesona Pulau Selayar yang menarik untuk dipandang.

1 komentar: