Jumat, 31 Juli 2015

Teluk Kiluan Lampung

Teluk Kiluan Lampung
Teluk Kiluan yang penuh keindahan serta ketenangan dibarengi atraksi alami lumba-lumba.
Foto : ©Teguh Hardi
Teluk Kiluan

Tempat Teluk Kiluan

Atraksi alami lumba-lumba

Pulau Kelapa

Akomodasi di Teluk Kiluan

Peta Lokasi

Himpunan. informasi - Mau lihat lumba-lumba di habitat aslinya? Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, saat ini tak perlu meniti perjalanan yang terlampau jauh. Bila, pada awal mulanya Pantai Lovina, di Pulau Bali yang telah populer jadi tempat lihat lumba-lumba, nyatanya di Provinsi Lampung, Anda bisa melihat satwa bersahabat ini melompat serta beratraksi di alam bebas. Dimana Anda dapat melihat lumba-lumba ini? Tepatnya di Teluk Kiluan!

Tempat Teluk Kiluan

Teluk Kiluan ada di Kabupaten Tanggamus, yang terdapat di bagian selatan Provinsi Lampung dengan jarak 80 km dari kota Bandar Lampung. Untuk meraih tempat ini, Anda bisa memakai transportasi pesawat terbang, bus atau menyeberang Selat Sunda dengan kapal ferry. Walaupun mesti meniti jarak yg tidak pendek, tak perlu cemas bakal terasa jemu, lantaran panorama alam dari bukit serta pohon-pohon hijau bakal beri kesegaran pandangan Anda.


Atraksi Alami Lumba-Lumba

Teluk Kiluan adalah jalur migrasi lumba-lumba mulut botol, hingga sehari-hari Anda bisa melihat penampakan dari satwa ini pada laut terlepas. Atraksi lumba-lumba yang melompat diatas lautan adalah atraksi yang menarik untuk disaksikan. Supaya bisa melihat tingkah lucu mamalia teman dekat manusia ini, Anda mesti menuju sedikit ke tengah lautan.

Agar bisa meraih tempat ini, Anda bisa menaiki perahu nelayan yang telah dilengkapi mesin bermotor. Perahu ini mempunyai kemampuan 4 orang, serta di kenal dengan nama perahu jukung. Harga sewa 1 buah perahu sekitar Rp 250. 000, - s/d Rp 300. 000, -. Lumba-lumba tanpa ada malu-malu bakal mendekati serta melompat di seputar perahu. Panorama yang unik dari Teluk Kiluan.

Bukan sekedar melihat atraksi lumba-lumba, Teluk Kiluan mempunyai pesona alam laut yang layak untuk dikagumi. Air laut yang jernih mempermudah beberapa pengunjung untuk nikmati panorama bawah laut yang terbagi dalam beragam macam ikan serta terumbu karang dengan aneka warna dan biota laut yang lain.


Pulau Kelapa

Ada di seputar Teluk Kiluan, Pulau Kelapa jadi tempat yang sangatlah pas untuk nikmati keindahan laut. Pengunjung mesti membayar tarif masuk Rp 5. 000, - untuk masuk ke pulau ini. Pulau Kelapa adalah pulau kecil dengan pantai landai berpasir putih. Butiran pasir yang halus jadikan pantai ini aman untuk disusuri sembari nikmati lautan luas atau sebatas bermain-main. Pulau ini mempunyai banyak bintang laut serta umang juga sebagai penghuni pantainya.

Di pulau ini ada bukit karang sebagai tempat favorite untuk lihat panorama laut dari tempat tinggi. Dari ketinggian ini, Anda bisa mendengar serta melihat deburan ombak yang menabrak karang sembari nikmati hembusan angin. Diluar itu, ini dapat adalah spot favorite pengunjung untuk memancing.


Akomodasi di Teluk Kiluan

Bila mau nikmati Teluk Kiluan lebih lama, Anda bisa bermalam ditempat ini. Penginapan dari mulai cottage atau homestay dirumah masyarakat bisa jadi pilihan. Harga penginapan cukup terjangkau, dengan harga dari mulai Rp 150. 000, - Anda telah bisa menginap di Teluk Kiluan.

Untuk permasalahan sarapan, makan siang, atau makan malam, tak perlu cemas kesusahan memperoleh makanan, lantaran masyarakat setempat bisa sediakan keperluan ini dengan harga yang sangatlah bersahabat. Anda bisa pesan makanan dari masyarakat dengan harga sekitar Rp 20. 000, - untuk setiap jumlah. Makanan rumahan ini umumnya dimasak sebentar saat sebelum disantap. Hingga makanan merasa lebih fresh serta sehat.



Pasir putih, air laut yang biru jernih, dan situasi pantai yang alami jadikan Teluk Kiluan juga sebagai tempat maksud untuk menyingkirkan capek. Ditambah peluang untuk melihat dengan cara dekat lumba-lumba hidung botol di alam bebas, bikin kunjungan ke Teluk Kiluan jadi salah satu pengalaman unik berwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar