Jumat, 31 Juli 2015

Danau Toba yang Dahsyat serta Menakjubkan

Rumah Kebiasaan Batak

Jejeran rumah kebiasaan khas Batak di Samosir.
Indahnya Danau Toba dari Samosir

Keindahan Danau Toba dari Tuktuk di Pulau Samosir.
Sawah Bertingkat di Samosir

Sawah bertingkat yang ada di Pulau Samosir.
Rumah Kebiasaan Batak

Jejeran rumah kebiasaan khas Batak di Samosir.
Indahnya Danau Toba dari Samosir

Keindahan Danau Toba dari Tuktuk di Pulau Samosir.

1
2
3

Danau Toba

Histori Danau Toba

Keindahan Danau Toba

Pulau Samosir

Kenyataan Menarik

Peta Lokasi

Himpunan. informasi - Tahukah Anda bahwa Danau Toba di Sumatera Utara dinyatakan juga sebagai danau kawah atau danau vulkanik paling besar didunia! Bisa kita banding dengan luas Pulau Samosir yang ada di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir mempunyai luas yang nyaris sama juga dengan negara Singapura! Bisa Anda pikirkan luas Danau Toba yang melingkari Pulau Samosir, pastilah tambah lebih luas. Dengan panjang meraih 87 km. serta lebarnya 27 km. dengan kedalaman meraih kian lebih 500 mtr., pasti tak dapat kurun waktu sehari kita bisa kagum pada keindahannya. Mari kita menyusuri Danau Toba yang spektakuler dengan semua keindahan alam serta budayanya.

Saat Lantas yang Menakjubkan

Terkecuali luasnya yang luar umum mengagumkan, saat lantas Danau Toba tak kalah mengagumkan. Dengan ketinggian 900 mtr. diatas permukaan laut, Toba awalannya berbentuk supervulkan yakni gunung berapi raksasa yang dapat membuahkan letusan yang sangatlah dahsyat.

Danau ini terbentuk disebabkan satu atau sebagian letusan gunung berapi yang luar umum besar, yang berdasar sebagian ilmuwan bisa jadi termasuk juga diantara letusan terdahsyat dalam histori bumi. Letusan itu bikin kawah yang luar umum besar. Makin lama, kawahnya yang sangatlah besar dipenuhi air serta membuat apa yang kita kenal juga sebagai Danau Toba.

Lalu pergeseran susunan bumi bikin basic danau naik serta membuat Pulau Samosir yang sangatlah indah. Luas Samosir seputar 647 km. persegi yakni nyaris sama juga dengan luas negara Singapura.


Keindahan Danau Toba

Dengan ketinggian nyaris 1 km. diatas permukaan laut serta dikelilingi oleh jejeran gunung berapi yang disebut sisi dari Pegunungan Bukit Barisan bikin Danau Toba demikian sejuk serta indah. Banyak pohon enau serta pinus yang tumbuh subur di sekitar Danau Toba menaikkan keindahan danau ini.

Di samping utara Danau Toba masih tetap dapat didapati beragam fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, serta sebagian type monyet. Sedang dibagian selatan Danau Toba ada fauna yang tidak sama type seperti monyet lingur, tapir, serta ingkir. Tentulah hal semacam ini juga unik lantaran danau ini seakan-akan berperan juga sebagai garis pemisah ekologi fauna di segi utara serta selatan Danau Toba.

Sejauh mata melihat, yang tampak keindahan danau yang dikelilingi jejeran gunung yang demikian indah serta mengagumkan. Kabut tidak tipis terkadang menyelimuti danau yang sejuk serta dingin ini. Bila tak ada kabut, lekukan Danau Toba demikian indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti suatu laut di tengah-tengah daratan yang betul-betul sejuk.

Anda bisa mencermati lekuk indah Danau Toba lewat Menara Tele. Terlebih bila dipandang saat pagi hari, pemandangannya demikian indah mengingat menara ini ada di lereng bukit. Anda bisa temukan Menara Tele diantara Pangururan serta Sidikalang.

Bila mau bermalam tanpa ada menyeberang ke Pulau Samosir, Anda dapat pilih beragam penginapan di daerah Parapat. Di Parapat terdapat banyak hotel serta resor dengan panorama segera ke Danau Toba.


Pulau Samosir

Di tengah-tengah Danau Toba ada suatu pulau yang juga tak kalah indah serta mengagumkan yakni Samosir. Disana kita dapat berkunjung ke sebagian desa serta nikmati wisata alam dan wisata budaya. Danau Toba serta Pulau Samosir adalah jantung serta kampung halaman orang Batak.

Untuk berkunjung ke Pulau Samosir dapat lewat pelabuhan di Parapat yakni Pelabuhan Ajibata. Ada banyak kapal feri yang siap mengantar masyarakat setempat ataupun wisatawan menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Bahkan juga ada juga sebagian feri pengangkut kendaraan seperti mobil serta motor menuju Samosir. Lama perjalanan feri menuju Pulau Samosir seputar 30 menit.

Saat meraih Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, terdapat beberapa pedagang cindera mata khas Danau Toba serta khas tanah Batak di daerah seputar Pelabuhan Tomok, Samosir. Anda dapat beli kaos, kerajinan tangan serta ulos di tempat ini bila mau beli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Baiknya beli oleh-oleh disini lantaran banyak terdapat pilihan yang dapat Anda beli untuk dibawa pulang.

Masyarakat yang ramah senantiasa siap menyongsong kehadiran Anda. Diluar itu, Anda bakal lebih mengetahui beragam kebudayaan serta kebiasaan orang Batak di Pulau Samosir. Anda dapat menjumpai sebagian rumah kebiasaan Batak di pulau ini. Disana Anda dapat belajar perihal histori Batak serta beragam kebudayaan menarik orang Batak terutama Batak Toba. Bahkan juga Anda dapat turut menari berbarengan masyarakat setempat waktu ada pertunjukan Sigale-gale.

Terkecuali wisata budaya, kita akan nikmati beragam keindahan alam Pulau Samosir. Kita dapat temukan keindahan sawah bertingkat seperti yang ada di Bali. Juga terdapat banyak air terjun yang demikian indah untuk dikunjungi seperti Air Terjun Simangande serta Air Terjun Pangaribuan (terdapat di Kecamatan Palipi) yang disebut air terjun paling besar di Pulau Samosir. Yang menarik di tempat seputar Air Terjun Pangaribuan di Palipi, dipercaya juga sebagai tempat di turunkannya Raja Batak.

Terkecuali air terjun, di Pulau Samosir juga ada dua buah danau yakni Danau Aek Natonang serta Danau Sidihoni. Itu penyebab ke-2 danau ini kerap di beri julukan " Danau diatas danau " lantaran keunikannya yakni danau yang ada di dalam Pulau Samosir, sedang pulau ini ada di dalam Danau Toba.

Tak perlu takut bila sehari kurang untuk nikmati keindahan Danau Toba serta Pulau Samosir. Sangat banyak penginapan di Pulau Samosir dari resor, hotel serta penginapan umum. Anda dapat temukan banyak penginapan di selama daerah Tuktuk serta Ambarita yg tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Disini kita dapat bermalam sembari nikmati keindahan alam Danau Toba serta Pulau Samosir.

Danau Toba dengan Pulau Samosir memanglah bikin pengalaman wisata yang betul-betul indah. Danau ini demikian indahnya dari segi mana juga. Mau sekali untuk berlama-lama di Danau Toba lantaran keindahan yang spektakuler, dahsyat serta mengagumkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar