Sabtu, 22 Agustus 2015

Candi Prambanan

Arsitektur Candi Prambanan

Arsitektur Candi Prambanan yang cukup rumit dengan 240 candi di kompleks ini.
Foto : ©Wikipedia. org
Candi Prambanan

Candi Prambanan waktu senja demikian memukau.
Foto : ©Vitaly Maksimchuk
Arsitektur Candi Prambanan

Arsitektur Candi Prambanan yang cukup rumit dengan 240 candi di kompleks ini.
Foto : ©Wikipedia. org
Candi Prambanan

Candi Prambanan waktu senja demikian memukau.
Foto : ©Vitaly Maksimchuk

1
2

Candi Prambanan

Legenda Bandung Bondowoso serta Rara Jonggrang

Histori Candi Prambanan

Arsitektur Candi Prambanan

Museum Candi Prambanan

Peta Lokasi

Himpunan. informasi - Prambanan adalah kompleks candi Hindu paling besar di Asia Tenggara berdiri megah di Jawa Tengah, tak jauh dari Yogyakarta. Letak Candi Prambanan juga tak terlampau jauh dengan Candi Borobudur yang disebut candi Budha paling besar serta paling populer didunia. Seperti Borobudur, Candi Prambanan juga termasuk juga dalam Website Warisan Dunia UNESCO.

Legenda Bandung Bondowoso serta Rara Jonggrang

Menurut legenda turun alami penurunan dalam orang-orang Jawa Tengah, Candi Prambanan didirikan oleh Bandung Bondowoso untuk memperoleh Rara Jonggrang yang yaitu putri cantik dari raja Kerajaan Prambanan yang sudah dijajah oleh Bandung Bondowoso. Bila Rara Jonggrang menampik lamaran Bandung Bondowoso, jadi Kerajaan Prambanan bakal makin menanggung derita, sedang Rara Jonggrang tak suka pada Bandung Bondowoso.

Singkat cerita, Rara Jonggrang memberi tahu bahwa ia bersedia jadi istri Bandung Bondowoso dengan satu prasyarat, yakni Bandung Bondowoso bangun seribu candi kurun waktu satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi serta berusaha bangung seribu candi dengan pertolongan jin. Malam itu juga, Bandung Bondowoso nyaris merampungkan seribu candi keinginan Rara Jonggrang.

Rara Jonggrang ketakutan lantaran lihat permintaannya dapat dipenuhi Bandung Bondowoso. Sampai pada akhirnya dengan pertolongan beberapa dayang, Rara Jonggrang membakar jerami di segi timur serta menumbuk padi hingga membuat situasi mendekati pagi. Lantaran lihat hari mendekati pagi, beberapa jin ketakutan serta lari meninggalkan pekerjaan bikin seribu candi.

Esok paginya, Rara Jonggrang berbarengan Bandung Bondowoso mengkalkulasi jumlah candi yang sudah sukses di buat. Nyatanya tak meraih seribu candi, tetapi cuma ada 999 candi yang sukses di buat oleh Bandung Bondowoso dengan pasukan jin. Lantaran tidak berhasil penuhi kriteria dari Rara Jonggrang serta pada akhirnya dia paham bahwa kegagalannya lantaran kecurangan Rara Jonggrang, jadi Bandung Bondowoso mengutuk Rara Jonggrang jadi arca batu terindah untuk melengkapi jadi seribu candi.

Pada akhirnya Rara Jonggrang jadi arca Durga Mahisashuramardini yang ada di ruangan utara dari candi paling utama di Candi Prambanan. Itu penyebab Candi Prambanan kerap juga dimaksud oleh orang-orang seputar juga sebagai Candi Rara Jonggrang. Sedang Candi Sewu (candi Budha) yang ada tak jauh dari Candi Prambanan dikira juga sebagai 999 candi yang lain yang sukses di buat Bandung Bondowoso.


Histori Candi Prambanan

Ajaran agama Hindu mempunyai tiga dewa paling utama yakni Brahma (dewa pencipta), Wishnu (dewa pemelihara), serta Siwa (dewa pemusnah). Candi Prambanan di bangun untuk memuliakan dewa Siwa. Itu penyebab nama asli Candi Prambanan yaitu Siwagrha yang bermakna " Rumah Siwa ".

Candi Prambanan di bangun oleh wangsa atau dinasti Sanjaya dalam rentang saat yang serupa dengan Candi Borobudur yakni seputar era ke-8 serta ke-9 masehi. Maksudnya yaitu untuk menandingi kemegahan Candi Borobudur yang di bangun oleh wangsa atau dinasti Syailendra yang beragama Budha.

Rakai Pikatan yaitu raja yang mulai bangun Candi Prambanan pada th. 850 masehi. Rakai Pikatan adalah keturunan Sanjaya. Sanjaya yaitu pendiri Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Lalu dalam Kerajaan Medang ada dua dinasti atau wangsa, yakni dinasti Syailendra yang beragama Budha Mahayana serta sukses bangun Candi Borobudur serta dinasti Sanjaya yang beragama Hindu Siwa yang juga sukses bangun Candi Prambanan.

Kompleks Candi Prambanan selalu di bangun oleh raja-raja penerus Rakai Pikatan dengan bangun beberapa ratus candi penambahan di seputar candi paling utama. Beragam upacara utama Kerajaan Mataram serta upacara Hindu dikerjakan di Candi Prambanan mulai sejak saat itu.
Hilang serta Diketemukan Kembali

Mulai sejak era ke-9, Candi Prambanan mulai ditinggalkan lantaran ibukota Kerajaan Mataram geser ke Jawa Timur. Lantas disebabkan letusan Merapi serta gempa bumi pada era ke-16, bangunan Candi Prambanan roboh. Tetapi reruntuhan candi masih tetap dikenali orang-orang seputar serta dimulailah legenda Rara Jonggrang yang berkembang di orang-orang Jawa Tengah.

Candi Prambanan mulai diketemukan kembali serta jadi perhatian beberapa sejarawan pada th. 1811, saat Colin Mackenzie yang bekerja untuk Sir Thomas Stamford Raffles (saat pendudukan Inggris di Indonesia) temukan Candi Prambanan. Tetapi candi ini tetap masih tak tertangani bahkan juga banyak arca serta batuan candi di ambil.

Barulah pada th. 1918, Candi Prambanan mulai dipugar. Rekonstruksi candi paling utama yakni Candi Siwa usai pada th. 1953 serta diresmikan oleh Presiden Soekarno. Serta pada th. 1991, UNESCO memasukan Candi Prambanan juga sebagai Website Warisan Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar