Sabtu, 08 Agustus 2015

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Lembah dengan tebing tinggi mirip tabung bikin air terjun ini demikian megah.
Foto : ©Lkunl
Air Terjun Madakaripura

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Air terjun paling tinggi

Sarana di Madakaripura

Peta Lokasi

Himpunan. informasi - Masih tetap ada di lokasi yang dekat dengan Gunung Bromo, kita dapat menjumpai air terjun yang demikian spektakuler serta indah. Air terjun ini umum dimaksud Madakaripura. Ditempat ini dikira juga sebagai tempat meditasi paling akhir dari patih dari Majapahit yang terkenal yakni Patih Gajah Mada. Mari kita bertandang ke Air Terjun Madakaripura.

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Air Terjun Madakaripura masih tetap ada di lokasi Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Di lokasi ini, Anda dapat nikmati keindahan Gunung Bromo yang telah populer di beberapa penjuru dunia. Ya, semua lokasi ini memanglah menghidangkan alam yang demikian unik, dari lautan pasir yang memukau di Gunung Bromo, kemegahan Gunung Semeru sampai alam sekitarnya yang demikian indah. Termasuk juga di segi lain lokasi ini, Anda dapat juga nikmati begitu indah serta spektakulernya Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terdapat kurang lebih 1 jam perjalanan ke samping utara Bromo.

Tempat Air Terjun Madakaripura menuju arah Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Provinsi Jawa Timur. Kota besar paling dekat dengan lokasi ini yaitu Surabaya serta Malang. Perjalanan dari Surabaya seputar 3 jam menuju lokasi Bromo lantas dilanjutkan ke Air Terjun Madakaripura.


Air Terjun Paling tinggi di Jawa

Memanglah untuk menuju Air Terjun Madakaripura tak terlampau gampang. Dari pintu masuk, Anda butuh jalan kaki menyusuri lembah di Pegunungan Tengger. Medan yang dilewati juga jalan berbatu, sebagian salah satunya telah berbentuk jalan yang rapi tetapi kerap rusak saat berlangsung banjir bandang, termasuk juga menyeberangi sebagian sungai. Tetapi Anda bakal dipuaskan dengan kesejukan hawa serta keindahan alam selama perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura.

Anda dapat juga lihat patung Patih Gajah Mada saat sebelum meneruskan perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura. Dengan jalan kaki tak kian lebih 30 menit, Anda bakal mengagumi akan melihat segera keindahan Air Terjun Madakaripura. Di kedalaman lembah yang mirip tabung, yang dikelilingi tebing yang sangatlah tinggi, Anda bakal lihat begitu megahnya Air Terjun Madakaripura. Itu

Air Terjun Madakaripura dengan ketinggian seputar 200 mtr., adalah air terjun paling tinggi di Pulau Jawa. Bahkan juga di Indonesia, air terjun ini tempati posisi ke-2 paling tinggi di Indonesia sesudah Air Terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

Itu penyebab, perjalanan dengan jalan kaki menuju Madakaripura tidaklah percuma. Anda bakal menjumpai panorama yang bikin takjub dengan pesona kemegahan alam di sekelilingnya. Hempasan air yang demikian deras bikin butir-butir air seperti kabut mencakup permukaan danau sedalam 7 mtr. dibawah air terjun ini.

Di seputar air terjun ada gua yang dipercaya juga sebagai tempat meditasi dari Patih Gajah Mada. Ditempat ini, menurut cerita turun temurun, patih Gajah Mada memperoleh kesaktiannya serta ditempat ini juga dipercaya patih itu menghilang dengan cara mistis. Itu penyebab tempat ini dimaksud Madakaripura, yang bermakna " tempat paling akhir ". Hal semacam ini juga yang mengakibatkan lokasi ini kerap dikunjungi oleh masyarakat Tengger untuk lakukan ritual spesifik, terutama pada hari-hari spesifik.


Fasilitas

Di seputar tempat Air Terjun Madakaripura telah ada banyak warung yang jual makanan serta minuman. Hingga Anda tak perlu takut kelaparan lantaran hawa dingin di tempat ini. Anda dapat nikmati makanan serta minuman yang ada di warung-warung di seputar Air Terjun Madakaripura.

Diluar itu, ada juga penyewaan payung serta plastik untuk menaruh beragam barang bawaan Anda. Hal semacam ini lantaran air terjun yang demikian deras di selama tebing menuju Air Terjun Madakaripura hingga dapat bikin Anda basah. Juga ada kamar mandi di tempat ini.

Ikuti juga panduan dari pemandu wisata setempat. Terutama danau dibawah Air Terjun Madakaripura mempunyai arus yang cukup deras. Sungai-sungai di sekelilingnya dapat juga meluap serta berlangsung banjir bandang terutama di musim hujan, hingga Anda butuh lebih waspada bila berkunjung ke air terjun ini di musim hujan.

Walau sekian, pemerintah daerah setempat bisa lebih memerhatikan seluruhnya sarana serta service yang ada di lokasi wisata ini. Lantaran masih tetap banyak sarana yang kurang mencukupi ataupun service yang kurang baik dari beberapa pemandu atau penjaga parkir kendaraan.



Air Terjun Madakaripura adalah salah satu lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi sesudah bertandang ke Gunung Bromo. Dengan kemegahannya, air terjun ini dengan kekal bakal mencurahkan airnya setiap waktu didalam " tabung raksasa " yang ada di kedalaman lembah Pegunungan Tengger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar